29 Agustus 2010

Wow! Tumor Terbesar Seberat 23 Kg Diangkat Dari Rahim Wanita


Para dokter di Argentina telah berhasil mengangkat tumor ganas yang diperkirakan ukurannya adalah yang terbesar di seluruh dunia. Tumor ganas itu, seperti diberitakan oleh koran "The Daily Mail", diangkat dari perempuan berusia 54 tahun.

Wanita 54 tahun asal Lomas de Zamora, pinggiran kota Buenos Aires itu mengalami pembengkakkan perut dalam 1,5 tahun terakhir. Dari hari ke hari, perut yang makin membesar itu membuatnya sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Setelah diperiksa oleh dokter di rumah sakit, diketahui pembengkakkan itu disebabkan oleh tumor ganas yang tumbuh di rahimnya. Wanita yang tidak disebutkan namanya itu harus menjalani operasi untuk mengangkatnya.

Oscar Lopez, ketua tim dokter bedah di Rumah Sakit Gandulfo di Lomas de Zamora - kota di luar ibukota Buenos Aires - mengatakan "Saya tidak pernah melihat hal yang seperti ini selama 34 tahun karir saya di dunia medis."

"Kami berhasil mengangkat tumor yang beratnya nyaris sama dengan anak umur 4 tahun," ujarnya.

Oscar juga membandingkan, "Kalau ibu ini dalam kondisi hamil, maka kehamilannya setara dengan hamil kembar lima.

Ketika pasien memasuki ruang operasi, bobot tubuhnya adalah 140 kilogram, dan saat keluar beratnya susut 35 kilogram.

Setelah operasi yang berlangsung 4 jam tersebut, pasien mengaku akan pulih segera.

Tumor rahim lazimnya diangkat dengan berat tidak lebih dari 3 kilogram. Ukuran tumor yang pernah diangkat dari tubuh manusia jarang melebihi 3 kg.

Saat ini, wanita tersebut sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Ia hanya menjalani rawat inap selama 5 hari setelah operasi yang berjalan sukses tersebut. (fn/ant/dt) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar