20 Juli 2010

Belasan Fakta Unik Tubuh Manusia


Rambut yang indah dan terawat bisa menjadi daya tarik seseorang, terlebih lagi wanita. Tapi di balik keindahannya, rambut ternyata menyimpan beberapa rahasia unik. Apa saja?

Rambut manusia merupakan struktur sederhana yang terbuat dari keratin dan sel-sel kulit mati. Rambut berfungsi untuk mencegah hilangnya panas dari kepala seseorang.

Namun di balik kesederhanaannya, rambut menyimpan sesuatu yang kompleks. Diberitakan dari AskMen, Sabtu (17/7/2010), berikut 3 fakta unik seputar rambut yang belum banyak diketahui orang:

1. Rambut bisa membersihkan tumpahan minyak di air

Ketika tumpahan minyak Cosco Busan terjadi pada tahun 2007 di Teluk San Francisco, kelompok relawan ramah lingkungan menggunakan tikar yang terbuat dari rambut manusia untuk membersihkan pantai. Hal ini tidak mengherankan, karena rambut bisa menyerap minyak dan air, serta dapat bekerja sebagai spons alami.

2. Asam amino rambut manusia bisa digunakan dalam industri kecap

Menemukan helaian rambut dalam makanan tentunya dapat merusak selera makan. Tapi bagaimana jika bumbu atau makanan Anda terbuat dari rambut?

Internet Journal of Toxicology melaporkan bahwa Hongshuai Soy Sauce, perusahaan kecap di China, memasarkan produk yang menggunakan bioteknologi terbaru dengan harga lebih murah. Hal itu tentu saja membuat produknya menjadi populer.

Tapi sebuah investigasi media menemukan bahwa perusahaan tersebut tidak menggunakan asam amino yang berasal dari kedelai ataupun gandum, melainkan asam amino yang berasal dari rambut manusia, yang dikumpulkan dari salon dan tempat cukur rambut.

3. Orang berambut merah dianggap alien

Ada sebuah teori konspirasi yang menyatakan bahwa orang berambut merah adalah alien-manusia hibrida. Hal ini memang terdengar gila, tapi orang berambut merah memang memiliki perbedaan struktur secara biologi.

Dokter harus membuat persiapan khusus untuk menjalani proses persalinan wanita berambut merah. Hal ini karena darah dari wanita berambut merah lebih sulit membeku, sehingga mengalami pendarahan lebih lama.

Selain itu, orang berambut merah memiliki jumlah rambut paling sedikit, yaitu sekitar 90.000 helai, dibandingkan dengan rambut pirang atau cokelat yang mencapai 140.000 helai.

Setelah kita mengetahui 3 fakta unik rambut manusia, lebih luas lagi berikut akan dipaparkan beberapa keunikan tubuh kita:

1. TANGAN ANDA BISA MEMILIKI PIKIRAN SENDIRI

Ingatkah anda tokoh Devon Sawa pada film "IDLE HANDS" thn 1999, sebuah film komedi horror tentang seorang anak muda yang tangannya kerasukan dan melakukan pembunuhan?

Nampaknya film ini memiliki beberapa fakta yang benar. "idle hand"(tangan nganggur) yang disebut'Alien Hand Syndrome'adalah ganguan saraf yang tidak biasa dimana tangan yang terinfeksi seperti memiliki pikirannya sendiri. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada bagian medial motor frontal dari otak dan seringkali muncul setelah operasi/ bedah otak, stroke atau infeksi pada otak.

Penderitanya tidak memiliki kendali pada pergerakan "alien hand" yang dideritanya.dan mereka tidak mengetahui apa yang akan dilakukan oleh tangannya sendiri. Orang yang menderita kondisi ini sering kali merasakan tidak terkoneksi dengan tangan mereka,dan merasakan seperti tangan tersebut bukan bagian dari diri mereka.

Ketika penderita lengah tangan alien (alien hand) ini dapat melakukan pergerakan kompleks seperti melepas kancing baju, menggunakan perkakas atau bahkan mengoyak-ngoyak pakaian. Belum ada obat yang diketahui dapat menyembuhkan Alien Hand Syndrome ini, tetapi solusi terbaik untuk Aliend Hand ini adalah memberikannya obyek yang dapat menyibukannya sehingga ia teralihkan dan tidak melaukan hal yang membahayakan bagi penderitanya.

2. ANDA DAPAT MENGELUARKAN SEBAGIAN BESAR ORGAN DALAM TUBUH ANDA DAN TETAP HIDUP

Ketika tubuh manusia terlihat rapuh, sebernarnya tubuh anda lebih kuat dari yang anda bayangkan. Memungkinkan bagi anda untuk bertahan hidup meskipun anda telah mengeluarkan limpa kecil, lambung, satu ginjal, satu paru-paru, 75% dari hati, 80% usus besar, dan hampir seluruh organ di area pinggul dan paha anda.

3. KONTRAKSI YANG KUAT DARI JANTUNG ANDA MENGHASILKAN TEKANAN YANG CUKUP UNTUK MENYEMPROTKAN DARAH SEJAUH 30 KAKI (SEKITAR 12 METER)

4. ANDA MASIH DAPAT EREKSI MESKIPUN TELAH MENINGGAL

Ini disebut "DEATH ERECTION", yang sering disebut dengan istilah :ANGEL LUST". Ini adalah ereksi post-mortem yang timbul ketika seorang pria meninggal dengan posisi vertical atau posisi wajah di bawah dan selama tubuh berada dalam posisi ini, efeknya tidak akan hilang.

BAGAIMANA HAL INI DAPAT TERJADI??
Ketika seseorang masih hidup, jantung memompakan darah secara terus menerus ke seluruh tubuh.ketika orang tersebut meninggal, mekanisme ini berhenti dan darah bergerak sesuai dengan grafitasi.
Seperti pada massa/zat lain, darah akan diam di tempat paling rendah dari tubuh dan menyebabkan pembengkakan. Maka ketika seorang pria meniggal dalam posisi vertical maka darah akan berdiam dan terkumpul di bagian kaki. Tekanan akan menyebabkan urat dan jaringan di kaki membengkak untuk menampung sebanyak mungkin darah. Setelah darah mengumpul maka akan memenuhi torso dan karena pengaruh gravitasi darah akan mencoba untuk bergerak ke bagian lebih rendah lagi yaitu Penis (kaki telah penuh oleh darah sekarang).darah tersebut menyebabkan penis yang terdiri dari jaringan ereksi untuk terisi penuh dan "mengembang".

5. SERANGAN JANTUNG BIASANYA TERJADI DI HARI SENIN

10-YEAR STUDY di skotlandia menemukan bahwa 20% orang yang meninggal karena penyakit jantung terjadi di hari senin dan bukan hari lainnya. Penelitian ini menunjukan bahwa "MONDAY PEAK" (kesibukan di hari senin) dapat menyebabkan banyak orang stress karena pekerjaannya dan banyak orang yang meminum minuman keras pada weekend sebelumnya.

6. TIGA RATUS JUTA SEL DI DALAM TUBUH ANDA MATI SETIAP MENITNYA

Sepertinya banyak sekali sel yang mati di dalam tubuh kita setiap menitnya tapi sebenarnya jumlah ini hanya kurang dari 0.0001% dari jumlah sel yang digantikan di dalam tubuh anda setiap harinya. (sekitar 10-80-50 triliun sel digantikan setiap harinya di dalam tubuh anda).

7. BAYI MEMILIKI TULANG LEBIH BANYAK DARI ORANG DEWASA

Ketika bayi lahir, mereka memiliki 300 tulang dalam tubuh mereka. Ketika beranjak dewasa tulang mereka hanya tinggal 206 tulang. Hal ini disebabkan tulang yang lebih kecil bergabung menjadi satu untuk membentuk tulang baru yang lebih kuat.

8. RAMBUT ANDA NYARIS TAK DAPAT DIHANCURKAN

Selain terbakar, rambut manusia rusak/membusuk dalam periode yang sangat lama sehingga akan sedikit mustahil untuk menghilangkannya. Ingatkah anda dokumentari mengenai mesir, piramid dan mumi di discovery channel? nah, mumi hampir tidak memiliki daging sama sekali, hanya tulang dan ya... RAMBUT. Mungkin rambut terlihat rentan tapi rambut tidak dapat dihancurkan oleh cuaca dingin, perubahan iklim, atau kekuatan alam lainnya dan rambut tahan terhadap beberapa zat asam dan bahan kimia korosif.

9. ANDA DAPAT BERTAHAN HIDUP TANPA MAKAN TETAPI TIDAK TANPA TIDUR

Kita membutuhkan tidur sebanyak kita memerlukan makan. Banyak orang yang mengabaikan betapa pentingnya tidur yang cukup tanpa mengetahui bahwa manusia sebenarnya bertahan hidup lebih lama tanpa makan daripada tanpa tidur. Dengan air saja, rata-rata manusia dapat bertahan 1 atau 2 bulan tanpa makan (hal ini bervariasi dari lemak tubuh seseorang dan faktor lainnya).

Tetapi gangguan tidur beberapa hari saja akan menyebabkan seseorang akan mengalami personalitas radikal dan perubahan psikologi. Rekor terpanjang manusia tidak tidur adalah 264 jam (11 hari).Randy Gardner yang menjadi subjek penelitian ini pada akhirnya tidak mengalami hal-hal buruk dan tidak berhalusinasi tapi para ilmuan telah mengatakan bahwa tidak tidur lebih dari itu akan sangat berbahaya.

10. KITA MEMILIKI PHILTRUM

Lekukan di area tengah antara hidung dan bibir bagian atas anda disebut "PHILTRUM".Sementara para ilmuan belum bisa menentukan apa tujuan spesifik dari lekukan ini selain memungkinkan manusia untuk mengekspresikan lebih banyak gerakan bibir, orang yunani kuno menganggap bahwa lekukan/philtrum ini merupakan bagian paling misterius dari tubuh kita. (fn/dt/lb) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar