20 Juli 2010

Kiat Memperpanjang Usia Fuel Pump

Tips Memperpanjang Umur Fuel Pump

Banyaknya pengaduan pengguna mobil terkait cepat rusaknya bagian fuel pump akibat kualitas bensin khususnya Pertamina Premium yang tidak bisa dibilang bagus membuat banyak orang miris. Terlebih BBM jenis inilah yang paling banyak dibeli konsumen.

Namun untuk menghindari kerusakan fuel pump dan membuat umur perangkat yang bertugas memompa bensin dari tangki ke ruang bakar ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan dengan mudah.

"Cara paling mudah ya kalau isi bensin jangan nunggu sampai bensin di mobil sedikit (res)," ujar Arnis yang merupakan mekanik dari bengkel Kazero yang berada di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Karena bensin jenis Premium menurut Arnis cenderung mengandung banyak kotoran dan dalam keadaan bensin di tangki sedikit, fuel pump pun dipaksa untuk menyedot kotoran tersebut.

"Kotoran itu memang tidak akan masuk ke fuel pump tapi malah akan membuat macet saringan yang ada di bagian ujung fuel pump," jelas Arnis.

Ketika bagian ini mampet, tentu bensin yang masuk ke dalam fuel pump jadi sedikit. Ini yang membuat bagian yang bekerja di dalam fuel pump jadi cepat panas dan lama kelamaan bisa rusak.

Sementara langkah kedua adalah selalu merawat fuel pump itu sendiri dengan mengeceknya tiap 5.000 km sekali. Bersihkan saringan depan fuel pump.

"Cek semuanya tiap 5 ribu km. Kalau perlu kuras tangki biar kotoran dari bensin itu bisa keluar," jelasnya.

Dan yang terakhir adalah pilah-pilih Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBBU) sebelum mengisi bensin mobil anda. Usahakan pilih SPBBU yang besar dan sudah tersertifikasi.

"Ini untuk menjaga agar kita tidak dapat bensin oplosan. Karena masih banyak pom bensin seperti ini," pungkasnya.

( syu / ddn / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar