31 Maret 2010

Mata Berkedut/bergerak Sendiri

Assalamu'alaikum wr.wb

Ust. ana mau tanya, berkaitan yang ana alami sekarang. Mata kanan ana bagian atas bawah alis sering berkedut dan durasinya lama. Apa ada ganguan pada kesehatan ana? cara penyembuhannya gmn ust? jzkllh

alfa khoir

Jawaban

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Kedutan atau dalam istilah medis disebut sebagai fasciculation merupakan kontraksi spontan dari sekelompok serabut otot yang dipersarafi dengan satu motor neuron.
Kedutan merupakan hal umum yang sering dialami oleh manusia.

Kedutan pada mata (tepatnya pada kelopak mata) dapat disebabkan karena kelelahan pada otot-otot mata akibat terlalu lama membaca, terlalu lama di depan komputer, gangguan tidur dan gangguan akomodasi lensa mata. Selain itu kedutan pada mata bisa disebabkan karena gangguan saraf motorik ke-7 dan bisa juga karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Stress yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan kedutan pada mata.

Gangguan ini biasanya tidak membutuhkan penanganan secara spesifik dan biasanya akan hilang jika faktor- faktor penyebab tersebut diatasi, misalnya dengan mengistirahatkan mata, menghindari melihat layar komputer terlalu lama, melihat objek pemandangan pohon diluar jendela, cukup tidur dan menghindari stress dll.

Adapun jika kedutan tersebut disertai dengan kelemahan otot dan atrofi otot (pengecilan otot) maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.


Wassalam. (em)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar