31 Maret 2010

Ternyata, Van der Sar Buatan Van Gaal

Pelatih Bayern Muenchen, Louis van Gaal, mengatakan, pemain Manchester United, Edwin van der Sar, bukanlah kiper alami. Bila Van der Sar tampak begitu lincah dan tangguh, itu karena program latihan khusus, yang dibentuk Van Gaal.

"Saya selalu katakan bahwa Van der Sar adalah kiper buatan. Ia tak gembira saat saya mengatakan ini. Namun, di dunia ini, ada banyak kiper yang lebih natural darinya," ungkap Van Gaal.

"Van der Sar telah dibentuk menjadi kiper. Ini adalah filosofi saya untuk melatih otak dan ini adalah alasan kenapa Van der Sar bertahan begitu lama. Ia selalu bekerja dengan otaknya. Ini adalah rahasianya. Ia adalah contoh bagus untuk kiper lain di seluruh dunia," lanjutnya.


Van Gaal tidak asal bicara. Keduanya pernah bekerja sama sebagai pelatih-pemain di Ajax Amterdam pada periode 1991–1997. Keduanya mengantar Ajax sukses menjuarai (saat itu) Piala Winner UEFA (1992) dan Liga Champions (1995).

Kini, guru dan murid itu akan berjuang di bawah panji berbeda untuk merebut tiket semifinal Liga Champions. Laga leg pertama akan dihelat di Allianz Arena, Selasa (30/3/2010). Baru pada leg kedua, 7 April mendatang, MU akan bertindak sebagai tuan rumah. (DM/kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar