02 April 2010

Batuk Alergi

Assalamualaikum wrwb

Putra saya, usianya 5 thn, berat 20 kg. Sudah 3 minggu ini batuk. Oleh dokter didiagnosa batuk karena alergi. Saya perhatikan, batuknya keluar saat udara dingin, atau usai hujan deras. Ia tidak mengalami demam, pola makannya pun biasa.

Bagaimana cara penanganannya? Saya khawatir jika meminum obat yang diberikan dokter akan membuatnya kebal, apalagi jika terlalu sering.

Terima kasih.

Wassalamualaikum



Dwi


Jawaban

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Ibu Dwi yang dirahmati Allah SWT,
Masalah batuk alergi pada anak kadang cukup membuat Ibu-Ibu merasa was-was dan menjadi tidak sabar untuk segera mengatasinya sehingga akan menyebabkan pengobatan yang berlebihan bagi anak, karena biasanya batuk seperti ini cukup bendel. Tetapi jika kita mengetahui apa itu batuk alergi, mudah - mudahan kita akan lebih bijaksana dalam mengatasinya.

Batuk alergi biasanya batuk tanpa demam, cenderung tidak berdahak, dan biasanya lebih berat saat malam atau pagi hari atau setelah terkena makanan atau minuman dingin dan berminyak. Dan untuk mengatasi batuk jenis ini yang dibutuhkan adalah obat anti alergi dan anti histamin serta obat batuk saja. Antibiotik tidak direkomendasikan dalam mengatasi batuk alergi, karena bukan merupakan infeksi bakteri.

Selain itu penting sekali untuk menghindarkan anak dari paparan alergen (zat yang menyebabkan alergi), antara lain hawa dingin (hindari AC, kipas angin dan makanan minuman dingin), makanan yang mengandung pewarna, penyedap rasa dan pengawet (contohnya makanan ringan dan minuman ringan). Mengajak anak untuk terkena sinar matahari langsung saat pagi hari sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu kesembuhan. Sayur-sayuran dan buah-buahan (wortel, tomat, jambu biji) yang kaya antioksidan sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Adapun untuk pengobatan alami dapat digunakan habbatussauda, meniran, mengkudu, jahe merah dan teh rosella. Di klinik sehat kami biasanya menggunakan kombinasi antara Habbat Extract, imunoquid dan pulmoquid untuk mengatasi gangguan batuk alergi, dan minum madu yang dicampur air hangat atau teh rosella.

Wassalam. (em)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar