07 April 2010

Messi "Quattrick", Barca Bersua Inter

Empat gol Lionel Messi memenangkan Barcelona atas Arsenal dengan skor 4-1 pada leg kedua perempat final Liga Champions di Camp Nou, Selasa (6/4/2010). Barcelona menang dengan agregat 6-3 dan lolos ke semifinal.

Di babak empat besar, Barcelona akan bertemu Inter Milan, yang lolos lebih dahulu setelah mengalahkan CSKA Moskwa dengan agregat 2-0. Barca dan Inter sebelumnya pernah bertemu di penyisihan grup musim ini. Kedua tim bermain seri tanpa gol di San Siro, lalu Barca menang 2-0 di Camp Nou.

Tak seperti pada laga pertama di Emirates, pada laga semalam, "Blaugrana" bermain lebih hati-hati, tetapi tetap menguasai permainan. Sebaliknya, selama 15 menit pertama, Arsenal lebih banyak menunggu Barca kehilangan bola.

Taktik Arsenal itu berhasil. Abou Diaby mencuri bola dari Gabriel Milito. Bola lalu bergulir ke arah Theo Walcott di kanan. Nicklas Bendtner yang menerima umpan Walcott dapat mengegolkannya pada tendangan kedua.

Gol itu justru membuat Messi semakin panas. Menyambut bola liar dari Mikael Silvestre, pemain Argentina itu melepas tendangan keras ke gawang Manuel Almunia.

Aksi Messi pada menit-menit selanjutnya benar-benar mengancam pertahanan "The Gunners". Puncaknya terjadi pada menit ke-36. Berawal dari umpan Eric Abidal di sayap kiri, Pedro Rodriguez menyodorkan bola kepada Messi. Tak terkawal, Messi kembali menggoyang sarang Almunia.

Tiga menit kemudian, Messi menuntaskan aksi solonya untuk menciptakan gol ketiga. Sundulan Abidal dibawanya ke kotak penalti, lalu dilambungkan melewati kepala Almunia. Skor 3-1 bertahan hingga jeda.

Di paruh kedua, Barcelona bermain lebih tenang meski tetap mendominasi penguasaan bola. Kali ini serangan lebih difokuskan lewat akselerasi Dani Alves di sayap kanan. Namun, setelah 10 menit tanpa perubahan, Barca memilih bertahan dengan menarik Bojan Krkic dan memasukkan Yaya Toure.

Arsenal perlahan-lahan mulai bangkit. Serangan yang dibangun Samir Nasri dan Walcott beberapa kali merepotkan kuartet pertahanan tuan rumah. Satu kesempatan diperoleh Tomas Rosicky pada menit ke-67, tetapi sepakannya melenceng jauh.

Pedro juga gagal membuat gol pada menit ke-72. Kakinya mencongkel bola, tetapi si kulit bulat melebar ke kanan gawang. Messi juga kehilangan kesempatan saat bolanya dicuri di depan gawang Almunia pada menit ke-81. Tendangan jarak dekatnya pada menit ke-86 juga tertahan oleh Almunia.

Dua menit menjelang bubar, Messi menunjukkan kelasnya sebagai striker licin. Seusai melewati Emmanuel Eboue, pemain 22 tahun itu menaklukkan Gael Clichy dan Thomas Vermaelen, lalu mengirim bola ke gawang melewati celah kaki Almunia. Gol, 4-1 untuk Barca.

Susunan pemain:
Barcelona: Valdes; Alvez, Milito, Marquez, Abidal (Maxwell 53); Xavi, Busquets, Keita; Pedro (Iniesta 86), Bojan (Toure 56), Messi.

Arsenal: Almunia; Sagna, Vermaelen, Silvestre (Eboue 63), Clichy; Denilson, Diaby; Walcott, Nasri, Rosicky (Eduardo 73); Bendtner. (kmp)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar