28 Agustus 2010

Edisi Khusus Yamaha R1

Diam-diam produsen motor Yamaha meluncurkan Yamaha R1 edisi khusus di Eropa tepatnya di Prancis. Akan ada 2 model Yamaha R1 SP dan Yamaha R1 SP/R Factory Edition.

Kedua motor tersebut dibuat untuk menghormati tim Endurance Prancis seperti dikutip Autoevolution, Jumat (27/8/2010). Yamaha telah mempercantik tampilan R1 hingga lebih sporty.

Yamaha menitikberatkan perubahan pada konsep striping. Tidak ada perubahan sama sekali dengan kontur tubuh Yamaha R1 spesial edition, konsep sasis juga sama dengan Yamaha R1 sebelumnya.

Selain konsep striping yang berbeda, ubahan juga terjadi pada gaya duduk Yamaha R1. Jok yang tadinya bisa 2 penumpang kini dibuat hanya untuk satu penumpang, sesuai dengan konsep balap. Sementara delta box hingga kaki-kaki sama dengan aslinya.

Untuk pelapisnya Yamaha menggunakan bahan anti polytron anti merosot. Serta ditambah breket (pegangan) pada bagian belakang. Yamaha R1 SP dibandrol 16,999 euro atau sekitar Rp 193 juta dan versi dan Yamaha R1 SP/R dihargai Rp 227 juta.

Yamaha RI mengadopsi mesin berkapasitas 1.000 cc dengan 4 silinder segaris. Motor sport tersebut menggunakan drive by wire sehingga asupan bensin bisa lebih terkontrol. Sistem pengabut dilengkapi dengan sistem injection.

Yamaha Eropa juga akan memproduksi Yamaha R1 dengan tanda tangan pembalap Yamaha Valentino Rossi di bagian tangki bensin. Sayang kesemua itu hanya bisa didapatkan di Prancis. ( ikh / ddn / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar