28 Agustus 2010

Om Bob Beri Kuliah Perdana "Dai Preneur" Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa menggelar peluncuran program “Dai Preneur” di pusat perbelanjaan Blok M Square di kawasan Jakarta Selatan, Senin (23/8). Program pengembangan dai entrepreneur ini akan digelar di beberapa tempat di kawasan Jabodetabek. Tampil sebagai pembicara dalam kuliah pertama kemarin adalah pengusaha Bob Sadino yang akrab disapa Om Bob. Om Bob berbicara di depan lebih kurang 100 orang dari pesantren di Jabodetabek.

Dai Preneur adalah program pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren. Program ini merupakan suatu aktivitas dalam upaya menumbuhkan potensi kelembagaan masyarakat yaitu pesantren untuk terlibat langsung dalam upaya pengentasan kemiskinan dan melakukan pembinaan masyarakat di sekitarnya.

“Program ini dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan momen bulan Ramadhan. Momen Ramadhan, diharapkan menjadi ajang penggemblengan visi dan model pemberdayaan bagi kader-kader pesantren agar senantiasa peduli dengan masyarakat di sekitarnya,” ungkap GM Program Ekonomi Dompet Dhuafa Noor Aziz dalam sambutannya.

Kajian tersebut menjadi dasar untuk merencanakan dan menyusun program pemberdayaan sesuai masalah dan kebutuhan dari komunitas sasaran (target group). Implementasi program yang dilakukan meliputi 3 fase yaitu (1) tahap penumbuhan dan pembentukan kelompok, (2) tahap penguatan, dan (3) tahap pelepasan program.

Acara yang dimulai pukul 10.30 WIB ini menghadirkan artis Nia Paramita dan dipandu oleh presenter Bagus Priambodo. Om Bob membagikan pengalaman suksesnya menjadi pengusaha hingga sukses seperti sekarang. Pengusaha yang khas dengan gaya bercelana pendeknya ini mengaku bahwa awalnya dia hanya berjualan 5 kg telur dan semua itu tidak pernah dia rencanakan. ”Kalau jadi pengusaha itu tidak perlu rencana dan tujuan, yang penting ada kemauan,” ucapnya kepada seluruh peserta dan penonton yang memadati area sekitar panggung.

Om Bob dan Noor Aziz kemudian secara simbolis memasangkan topi kepada tiga perwakilan peserta, sebagai tanda telah dibukanya kegiatan Dai Preneur ini. Acara diakhiri dengan lantunan lagu penutup dari Nia Paramita serta kuis berhadiah bingkisan Dompet Dhuafa untuk para peserta. [Putri/em]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar