28 Agustus 2010

Tomat si Kaya Vitamin C

Buah yang warnanya merah cantik ini mengandung banyak licopen yang dikenal sebagai antioksidan. Rasanya asam segar, dengan kandungan air yang cukup banyak. Cukup baik dikonsumsi saat puasa seperti sekarang ini.

Tomat, adalah sejenis sayur yang sangat mudah dijumpai. Warnanya merah cantik, cukup menarik dan terkenal karena kandungan vitamin C dan A nya yang tinggi. Selain itu, tomat juga mengandung lycopen yang berguna sebagai antioksidan untuk tubuh. Tomat pertama kali ditemukan di sekitar Peru, Ekuador, dan juga Bolivia.

Tomat biasa dijadikan campuran sup, jus, dan pasta. Karena rasanya yang asam, membuat selera makan meningkat tak heran jika makanan yang berasal dari tomat disajikan di awal. Saat puasa seperti sekarang ini, tomat memberikan manfaat yang sangat baik sekali untuk tubuh.

Karena kandungan vitamin A dan C nya yang cukup tinggi, membantu menjaga daya tahan tubuh tetap prima selama menjalankan ibadah puasa. Kandungan air pada tomat juga cukup banyak, sehingga mampu menggantikan kadar air yang terbuang setelah seharian berpuasa.

Untuk bisa memaksimalkan manfaat yang ada pada tomat, ada baiknya cermati jenis tomat yang sebaiknya dikonsumsi. Di pasaran tomat terbagi menjadi dua jenis, tomat merah dan juga tomat hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah, karena kandungan vitaminnya lebih banyak jika dibandingkan dengan yang hijau.

Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih. Warna merah menandakan tomat mengandung lebih banyak lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.

Tomat bisa dijadikan minuman segar untuk berbuka nanti. Dibuat jus, atau disantap langsung juga enak. Selamat mencoba.

( eka / Odi / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar