28 Agustus 2010

Kendaraan Listrik Tercepat di Dunia


Saat ini kendaraan listrik masih dipandang sebagai kendaraan masa depan yang sebagai pengganti kendaraan bensin namun masih berjalan lamban. Namun anggapan itu sepertinya harus segera dihilangkan.

Sebab sebuah kendaraan listrik bernama Venturi Buckeye Bullet 2.5 ternyata mampu melesat hingga ke kecepatan 495 km per jam. Dengan kecepatan itu, Venturi Buckeye Bullet sudah mampu menorehkan rekor sebagai kendaraan listrik tercepat di dunia.

Dengan capaian tersebut mobil yang dibuat oleh tim dari Universitas Ohio AS ini pun juga berhasil mematahkan rekor kendaraan listrik tercepat yang dibuat oleh White Lightning di tahun 1999. Ketika itu mereka berhasil melesatkan sebuah kendaraan sampai kecepatan 394 km per jam.

Dan gilanya lagi, seperti dikutip gizmag, Kamis (26/8/2010) hasil yang dicapai oleh Venturi Buckeye Bullet 2.5, lebih lambat dari hasil latihan mereka sebelumnya yang mencapai kecepatan 515 km perjam.

Venturi Buckeye Bullet 2.5 sendiri menggunakan platform yang sama dengan kendaraan bernama Venturi Buckeye Bullet 2 yang menggunakan hidrogen untuk memproduksi tenaga. Kendaraan ini sudah berhasil mencatat rekor 506,7 km per jam pada tahun 2007 lalu meski tidak dicatat oleh FIA. Padahal pemegang rekor kendaraan hidrogen saat ini hanya mampu berlari sampai 212,6 km per jam saja.

Tapi di Venturi Buckeye Bullet 2.5, tim dari Ohio yang dibantu oleh perusahaan yang memproduksi kendaraan listrik asal Perancis bernama Venturi Automobiles masih menggunakan baterai lithium ion berkekuatan 800 hp yang mereka gunakan di dapur pacunya.

Dan ternyata mahasiswa-mahasiswa ini belumlah puas dengan hasil tadi. Sebab mereka sedang merancang berbagai elemen seperti inverter baru, sistem kontrol dan baterai yang nantinya akan mereka aplikasi di Venturi Buckeye Bullet 3 yang akan membuktikan ketangguhannya di padang garam Bonneville pada 2011 atau 2012 mendatang.

( syu / ddn / dtk )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar