28 Agustus 2010

Syeikh Mansour Membeli Enam Pemain Bola Seharga Rp. 1,17 Trilyun


Inilah potret lain dunia dan orang Arab saat ini. Syeikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, warga negara UAE yang dua tahun lalu membeli klub sepak bola Liga Primer Inggris, Manchester City, sudah menggelentorkan uang sebanyak Rp. 1,17 trilyun! Uang sebanyak itu “hanya” digunakan untuk merekrut enam orang pemain baru di klubnya.

James Milner, Jerome Boateng, Yaya Toure, David Silva, Aleksandar Kolarov, dan Mario Balotelli adalah keenam pemain yang dimaksud dan saat ini merupakan para pesepak bola top yang bergaji tinggi pula.

Lahir di Abu Dhabi, Mansour merupakan putra kelima Emir Abu Dhabi, Zayed II dari istrinya yang bernama Fatimah. Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di Amerika Serikat pada tahun 1993, dan mendapatkan gelar Bachelor Jurusan Hubungan Internasional.

Mansour mempunyai dua istri. Salah satu istrinya merupakan putrid dari Syeikh Mohammed bin Rashid Al Maktour, wakil presiden dan perdana menteri Dubai.

Dua tahun lalu, Mansour selaku pemilik dari Abu Dhabi United Group for Development and Investment (ADUG), membeli 90 persen saham kepemilikan City dari Thaksin Shinawatra. Setahun kemudian, tepatnya September 2009, Mansour menjadikan City 100% miliknya dengan membeli 10% saham kepemilikan yang tersisa di City.

Duit yang dikeluarkan olehnya pun tentu sudah barang tentu tidak sedikit, bahkan mungkin lebih dari cukup untuk membangun kembali tanah Palestina.(sa/dtk/Wikipedia/em)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar